Rabu, 02 Juni 2010

TUGAS IBD

1. MANUSIA DAN CINTA KASIH

Manusia adalah makhluk yang bersosialisasi. Bersosialisasinya manusia tak lepas dari saling ketergantungan satu sama lain. Manusia antara manusia yang lain sesungguhnya saling membutuhkan. Di suatu proses bersosialisasi pasti ada rasanya cinta kasih, yaitu rasa yang dimiliki satu manusia antara manisia yang lain berupa rasa ingin atau bertujuan mencapai kebahagian manusia itu dengan manusia lain. Cinta kasih pun di lakukan dengan berbagai status, yaitu antara pria wanita, kekeluargaan, dan persaudaraan.

1. MANUSIA DAN KEINDAHAN

Keindahan adalah sebuah rasa yang dirasakan bahwa rasa itu membuat diri manusia suka akan obyek itu. Keindahan merupakan suatu penilaian terhadap suatu obyek. Keindahan dapat mengobati penyakit hati manusia. Manusia dapat menciptakan keindahan sesuai penilaian dalam diri yang menciptakan obyek tersebut. Dalam diri masing-masing manusia harus memiliki dan menikmati keindahan. Jika tidak, maka manusia tersebut akan mengalami ketidak nikmatan dalam hidupnya.

1. MANUSIA DAN PENDERITAAN

Manusia tak lepas dari nasib buruk atau yang biasa di sebut kesialan. Sebnarnya tidak ada nasib sial, tapi yang ada adalah suatu pengalaman yang patut untuk tidak di ulang kembali. Tidak ada satu pun manusia yang ingin mendapatkan nasib buruk. Tetapi manusia pun tak lepas dari nasib buruk tersebut. Nasib buruk yang menimpa akan di akhiri suatu penyesalan.

1. MANUSIA DAN KEADILAN

Manusia dalam kehidupannya memunyai hak – haknya masing – masing. Hak tiap diri manusia harus dijunjung tinggi. Tidak ada perbedaan hak dalam status kemanusian. Walaupun dalam pandangan hidup berbeda (contoh : kaya raya, miskin) mereka mempunyai hak dalam diri masing- masing. Bentuk hak itu dimasukan dalam keadilan, dan manusia bila haknya tidak terpenuhi, maka dinamakan perlakuan tidak adil.

1. MANUSIA DAN PANDANGAN HIDUP

Dalam setiap insan atau individu manusia tidak lepas dari rasa berkeinginan. Keinginan tersebut tidak akan ada habisnya. Bila satu keinginan terpenuhi, maka akan meminta keinginan yang lainnya. Dengan pandangan hidup manusia akan sealu berkeinginan selalu untuk masa depannya. Dengan selalu berkeinginan untuk memenuhi masa depan, manusia akan termotivasi melalui dirinya sendiri. Keinginan tersebut dinamakan cita-cita. Dengan cita-cita, manisia akan bijak dalam kehidupannya, dia akan merencanakan apa yang harus dia lakukan untuk mencapai cita-cita tersebut. Hal itu di capai dengan adanya kabijakan.

1. MANUSIA DAN TANGGUNG JAWAB SERTA PENGABDIAN

Setiap individu manusia mempunyai suatu beban yang wajib dilakukan dan dikerjakan. Dalam suatu keadaan manusia akan menjalani hal yang harus dilakukan. Hal tersebut merupakan tanggung jawab. Dan tanggung jawab adalah tolak ukur dari sebuah pengabdian.

1. MANUSIA DAN KEGELISAHAN

Kegelisahan adalah rasa yang dimiliki tiap individu manusia akibat dari katidaktahunya suatu yang akan terjadi selanjutnya, yaitu baik atau buruk. Rasa itu timbul karena adanya rasa yang dia rasa dalam ketreasingan dari kelompok dan kesepian. Kegelisahan akan berdampak negative pada individu manusia bila kegelisahan itu lama di alami.

1. MANUSIA DAN KEYAKINAN

Dalam setiap diri manusia pasti mempunyai rasa yakin akan satu hal atau beberapa hal. Hal itu merupakan buah dari satu kepercayaan dalam diri individu manusia itu sendiri. Dengan adanya keyakinan, manusia akan merasa bahwa dirinya telah percaya adanya sesuatu yang akan membuat dirinya mencapai tujuan tertentu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar