Minggu, 03 April 2011

Analysing the Web

Sebuah web di bangun digunakan untuk menyampaikan informasi kepada netter atau hal yang lainnya. Pentingnya menganalisa web adalah untuk mengukur dan mengetahui semua peringkat atau rangking suatu website yang dilihat dari tingkat kepopulerannya, sehingga dapat diketahui kekurangan apa yang harus diperbaiki untuk mendapatkan web yang optimal.Selain itu mengetahui prediksi suatu website dalam hal : kisaran harga website ( marketplace) serta berapa kisaran pendapatan yang dihasilkan website tersebut dalam periode tertentu. Oleh sebab itu, pembangunan web tidak boleh asal-asalan dan di utamakan tampilannya semenarik mungkin. Berikut 7 kriteria website agar terlihat menarik :

1. Unik : Tidak meniru bentuk web yang dibuat designer lain, dari segi gambar, tampilan dan isi.
2.
Simple : hal ini ditujukan agar tampilan website tersebut terlihat rapi, bersih dan juga informatif.
3. Semiotik : Semiotika adalah ilmu yang mempelajari tentang tanda-tanda. Dalam hal ini diharapkan dengan melihat tanda atau gambar, user/ audience dapat dengan mudah dan cepat mengerti.
4. Ergonomis : Ergonomi disini adalah dalam hal kenyamanan user dalam membaca dan kecepatan user dalam menelusuri website tersebut.
5.
Fokus : Tentukan hirarki prioritas dari pesan yang akan disampaikan, misalnya: Judul harus besar, tetapi jangan sampai akhirnya akan konflik dengan subjudul yang berukuran hampir sama.
6.
Konsisten : Tentukan font apa yang akan digunakan sebagai Body-text, Judul, Sub Judul dan sebagainya, sehingga website tersebut akan terlihat disiplin dan rapi.
7.
Komposisi : Warna yang ada pada web sangat sensitif , karena dengan warna yang begitu mencolok akan membuat seseorang malas membaca web tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar