Sabtu, 02 April 2011

Kecepatan Transmisi Data antara Modem dan Komunikasi Antara Komputer

Pada posting ini, saya akan menyampaikan informasi tentang kecepetan transmisi data modem dengan komunikasi antar komputer. Berikut infonya :

Fungsi modem dalam komunikasi antar komputer adalah untuk menstransmisikan data dalam bentuk gelombang elektromagnetik dari suatu komputer ke komputer lain atau bisa di sebut juga sebagai alat untuk mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital atau sebaliknya.
modem dirancang untuk beroperasi pada kecepatan tertentu saja. Biasanya kecepatan transmisi modem adalah 300, 1200, 4800, atau 96000 bit perdetik, dan seterusnya. Kecepatan modem menentukan kecepatan transmisi data. ADSL adalah type modem untuk pengguna akses internet berkecepatan tinggi.

Untuk komunikasi antar komputer, diperlukan PROTOKOL. Protokol adalah seperangkat aturan dan prosedur yang mengendalikan pertukaran informasi antar dua sistem yang berkomunikasi. Untuk berkomunikasi, kedua sistem harus menggunakan protokol yang sama. Berikut protokol yang terdapat pada jaringan komputer fisik :
1. ETHERNET
mendukung kecepatan transfer data sampai 10Mbps. Protokol ini digunakan pada topologi Bus dan Star
2. LOCALTALK
jaringan ini hanya memungkinkan peer to peer tanpe membutuhkan aplikasi khusus. Namun kecepatan transmisinya hanya 230Kbps. Protokol ini menggunakan kabel twisted pair
3. TOKEN RING
kecepatan protokol ini dalam transmisi data adalah antara 4Mbps sampai 16Mbps. Protokol ini digunakan pada topologi star dengan kabel twisted pair atau serat optic
4. FDDI (Fiber Distributed Data Interface)
mendukung kecepatan transmisi data sampai 100Mbps. Protokol ini di gunakan pada topologi dual ring.
5. ATM (Asynchronous Transfer Mode)
kecepatan transmisi data protokol ini antara 155 Mbps hingga 2488 Mbps

1 komentar: